Tips Menarik Cara Merapikan Catatan Yang Harus Kamu Lakukan




Mencatat dan membuat catatan tetap rapi adalah bagian penting di dunia perkuliahan dan sekolah maupun pada duni kerja di kantor. sobat J&J Binder  butuh catata yang rapi untuk belajar demi persiapan ujian, membuat makalah, dan selain itu catatan bisa membantu pekerja melakukan keputusan terbaik di kantor. Membuat catatan kamu tetap rapi tidak hanya membantu melakukan tiga hal tersebut, tapi juga membuat kamu mengingat semua informasi di dalam catatan tersebut dengan lebih mudah. Berikut cara terbaik dalam membuat catatan yang rapi ;

1. Mecatatlah dengan baik. Satu kunci yang penting untuk memiliki catatan yang rapi adalah memastikan bahwa catatan kamu bagus. Ini berarti kamu hanya menulis hal-hal penting dan tidak menulis semua hal yang dikatakan oleh dosen / guru maupun instruksi dari bos kamu.

2. Cari tahu cara mencatat mana yang paling efektif untuk kamu. Ada banyak cara untuk mencatat. Ada cara yang efektif bagi beberapa orang untuk membuat catatan yang rapi, ada juga cara yang efektif bagi orang lain.  Kamu perlu melakukan eksperimen untuk mencari tahu cara yang mana yang paling tepat .

 
  • Salah satu cara yang efektif adalah metode mencatat Cornell. Dicara ini, kertas dibagi menjadi kolom selebar 6,35cm di sebelah kiri dan 15,25cm di sebelah kanan. kamu akan menggunakan kolom sebelah kanan untuk menulis catatan ketika di kelas. Setelah pelajaran selesai, kamu akan membuat rangkuman, kata kunci, dan pertanyaan terkait materi tersebut di kolom sebelah kiri.
  • Banyak orang yang menggunakan cara menulis gambaran atau garis besar yang kasar. Itu berarti menulis poin-poin utama yang ada di materi (kamu bisa mencatatnya dalam bentuk poin-poin, misalnya). Setelah kelas selesai, tulis rangkuman dari catatan kamu dengan pulpen berwarna, atau tandai dengan stabilo.
  • Mind mapping adalah cara mencatat yang lebih visual dan kreatif. Di cara ini, kamu menggambar catatan, bukan menulis kalimat secara linier. Tulis topik utama materi di kelas di tengah-tengah kertas. Setiap Dosen kamu mengemukakan sebuah poin, tulis poin tersebut di sekitar topik pusat. Tarik garis untuk menghubungkan masing-masing poin atau ide. kamu juga bisa membuat gambar ketimbang menuliskan kalimat dan kata.
3. Siapkan buku Agenda atau binder yang terpisah untuk masing-masing mata kuliah. kamu perlu membuat segala sesuatunya terkumpul di masing-masing tempatnya. Ini akan memudahkan kamu mencari apa yang kamu butuhkan. Jika kamu punya tempat spesifik untuk tiap mata pelajaran, kamu akan tahu persis di mana bisa menemukan catatan  sebelumnya. 
 

 
  • Pastikan kamu benar-benar mencatat sesuai dengan tempat yang ditentukan, atau mengunakan binder yang mempunyai pembatas disetiap masing - masing mata kuliah.
  • Semakin spesifik kamu memisahkan catatan, semakin bagus. Ini berarti kamu mungkin perlu membuat folder atau bagian yang berbeda untuk masing-masing bagian mata kuliah yang ada. Misalnya, jika kamu punya mata kuliah ekonomi yang ternyata dipecah menjadi empat bagian, maka kamu  perlu empat pembatas binder yang bisa memisahkan  masing-masing bagian tersebut.
 

 
Semoga cara membuat catatan mata kuliah yang baik ini bisa membatu sobat J&J Binder dalam kegiatan kuliah. Untuk mendapatkan binder yang bisa menyimpan catatan, kamu cukup memilih katalog di www.jandjbinder.com
 

0 komentar:

Posting Komentar

J&J Binder jual binder Agenda Motif dan Dompet murah, lucu, bisa custom. Harga yang terjangkau untuk Mahasiswa dan Karyawan Kantor

Cara Pemesanan

http://1.bp.blogspot.com/-PUtmJjx5_M8/UlBQFLMtt0I/AAAAAAAABNc/MpUW4fVd5Ns/s1600/jandj+Binder.jpg
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More